Laut Bintang tercipta dari impian tiap individu, senyuman dan tawa tiap makhluk Tuhan, serta semangat tak terpadamkan dalam tiap insan.. Laut Bintang berisikan kumpulan harapan dan doa.Tiada berarti bila hanya ada hampa..

Selasa, 25 November 2008

Gedung Sate!!


Apa c gedung sate itu??Jujur, saya ga tw karena saya ga pernah tinggal di bandung.Walaupun begitu, tempat itu bersejarah untuk saya dan M.Philby.Kenapa???
Umph..Karena tepat di depan gedung sate, lelaki itu mengajak untuk berjalan bersamanya dalam suka maupun duka. Hal itu terjadi pada tanggal 23 agustus 2007 dan sampai saat ini, saya masih bersamanya..hehehehe..Balik lagi ke permasalahan Gedung Sate di Bandung.Karena penasarannya dengan gedung sate, saya mencari perihal yang menyangkut tentang gedung sate yang dapat dilihat di alamat web ini :
http://www.bandung.go.id/?fa=pemerintah.detail&id=344

Disini saya akan bercerita dikit tentang bangunan yang terletak di daerah Braga ini.. Gedung Sate dibangun pada tahun 1920 – 1924 di Wihelmina Boulevard (sekarang Jalan Diponegoro). Gedung Sate merupakan karya monumental dari arsitek Ir. Gerber. Gaya arsitekturnya merupakan perpaduan langgam arsitektur tradisional Indonesia dan teknik konstruksi Barat, sehingga disebut Indo Eropeesche ArchitectuurStijln. Arsitektur Gedung Sate merupakan perpaduan antara gaya arsitektur Italia dan Moor dari zaman Renaissance dengan gaya arsitektur Hindu dan Islam.
Tempo Doeloe gedung ini disebut Gouvernements Bedrijven (GB). Gedung ini kemudian disebut Gedung Sate berdasarkan bentuk ornament pada puncak atap tumpak tersebut. Gedung Sate sekarang menjadi Kantro Gubernur Jawa Barat.

Jadi sekarang Gedung Sate ini berfung sebagai tempat berkantornya Pemerintah Daerah kota Bandung, Tapi kalo malem2 seru juga nongkrong di lapangan depan Gedung Sate. Biasanya kalo pagi hari c dibuat oleh mayarakat Bandung untuk berolahraga. Tak jarang banyak acara yang diselenggarakan di lapangan depan Gedung Sate..



Whateva..yang pasti tempat itu mempunyai kenangan tersendiri untuk saya. Dan setiap ke Bandung, saya menyempatkan diri untuk sedikit bernostalgila k tempat itu..

Sekian dulu yaks..Nanti bila tangan ini memiliki daya untuk menari nari di atas keyboard akan tercipta sebuah tulisan lagi...sabar y,bu.hehehe..Wish you all the best. 

6 komentar:

philby mengatakan...

uuu... gedung sate ya bu??
umm.. perasaan waktu itu aku ga ngajak jalan bersama deh?? hehehe

yup,,, gedung sate,, punya kenangan tersendiri,, tiap hari lewat situ pun masi terkenang selalu saat malam itu,,,

adem ya bunda?? heheh,, maaf maaf ya... tapi kan setelah itu anget lagi kan??


love you

lautbintang mengatakan...

iy d,ngomongny gini y.."umph,,gmn kl kita pacaran??" kalimat yang aneh.hahaha.

dudul,nembak tengah malem.diajak2 muter2 bandung pula.dingin tw.
btw,kl ku tolak,aku ditinggal y d gedung sate sendirian??
hahaha...

philby mengatakan...

trus,, kmu jawab "iya" kan? hehehe
ngulur waktu dikit neng,,, situ mah tinggal nerima aja,, sini yg dag dig dug mikirin gmana ngomongnya!! hehehe

kalo d tolak? ya untungnya ga d tolak kan?? hehehe

thingsofmine mengatakan...

hihiiiiiyyyy co cwiiiiitttttt :)
trus pake helm pink gtu naik motornya ya bund??
hehhehhehhe....

Anonim mengatakan...

cape deh..ni ayah bunda..

di comment blog aja pacaran.. huhu.. dasar gedung sate..

duh..jadi ngiler pengen makan sate..

lautbintang mengatakan...

@philby : bhe..tinggal nerima gmn??mikir juga tuh.ditembak ma org aneh kayak kmu..hahahaha..

@jengay: iy,helm hasil pinjeman tuh.hahha..lo org pertama yg gw kasih tw kl gw jadian ma si "kambing"..hahaha..

@precil : g pacaran kok,bu..cman mengenang masa lalu.xp
makan sate ayam enakny dmn y??